Jumat, 15 Agustus 2025
  • Hubungi Kami
  • Disclaimer
  • Tentang Kami
  • Kebijakan Privasi
Teras Fakta
  • Home
  • Peristiwa
  • Pemerintahan
  • Sosial
  • Budaya
  • Pariwisata
  • Login
No Result
View All Result
Teras Fakta

Polemik Perizinan Kapal di Tuban, KSOP Klaim Selesai Dua Hari Jika Berkas Lengkap

Polemik Perizinan Kapal di Tuban, KSOP Klaim Selesai Dua Hari Jika Berkas Lengkap

BacaJuga

Kabel Wifi Berantakan Rusak Estetika Kota DLHP Tuban Sebut Tak Pernah Ada Komunikasi dari Penyedia

Kabel Wifi Berantakan Rusak Estetika Kota DLHP Tuban Sebut Tak Pernah Ada Komunikasi dari Penyedia

Panen Jagung Perdana Secara Serentak Bersama Pihak Berwenang di Tuban

Panen Jagung Perdana Secara Serentak Bersama Pihak Berwenang di Tuban

www.terasfakta.id – Mengarungi lautan bukan hanya soal menghadapi ombak, tetapi juga birokrasi. Bagi para nelayan, proses mendapatkan izin berlayar sering kali menjadi tantangan tersendiri.

Di sejumlah daerah, nelayan sering mengeluhkan rumitnya pengurusan izin kapal. Tidak hanya harus memahami prosedur yang berbelit-belit, mereka juga sering kali dihadapkan pada praktik tidak etis dari oknum yang meminta uang dengan mengatasnamakan petugas.

Ruwetnya Proses Perizinan Kapal

Proses izin kapal berkapasitas dibawah 7 gross tonnage (GT) seharusnya dapat dilakukan dengan aplikasi e-pas kecil. Setelah data diinput dan dilakukan pengukuran, dokumen dimaksud akan diverifikasi, dan izin dikeluarkan oleh pihak berwenang. Sayangnya, banyak nelayan mengeluhkan kesulitan dalam mengakses dan memahami aplikasi tersebut, yang seharusnya mempermudah.

Dalam banyak kasus, adanya informasi yang tidak jelas mengenai tahapan dan persyaratan yang diperlukan semakin menambah kebingungan para nelayan. Hal ini diperparah dengan adanya oknum yang memanfaatkan situasi untuk meminta imbalan, sehingga nelayan merasa semakin terjebak dalam proses yang tidak transparan. Kondisi ini sangat memprihatinkan sekaligus menunjukkan pentingnya sosialisasi dan pendidikan mengenai perizinan kepada masyarakat nelayan.

Strategi Mempercepat Proses Perizinan

Dalam mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Pertama, diperlukan pelatihan yang baik bagi para nelayan mengenai penggunaan aplikasi dan proses yang harus dilalui. Dengan pemahaman yang lebih baik, diharapkan mereka bisa menghindari masalah yang timbul dari ketidakpahaman.

Selain itu, instansi yang berwenang perlu meningkatkan sistem layanan digital agar lebih user-friendly dan mengurangi kendala teknis yang sering terjadi. Misalnya, memperbanyak jadwal verifikasi agar tidak terhambat oleh keterbatasan waktu, atau menyediakan layanan kontak yang responsif bagi nelayan yang mengalami kesulitan.

Dengan melakukan langkah-langkah ini, diharapkan proses perizinan bisa berjalan lebih lancar dan efisien. Hal ini tidak hanya akan membuat para nelayan lebih tenang dalam berlayar secara legal tetapi juga mendukung peningkatan produktivitas sektor perikanan secara keseluruhan.

Previous Post

Empat Bulan Kasus Handphone Hilang Terpecahkan oleh Polres Tuban

Next Post

Viral Polisi Patroli Tabrak Mobil Warga, Berakhir dengan Damai

Rekomendasi

Motor Jemaah Masjid Agung Tuban Hilang Saat Salat Subuh, Pelaku Terekam CCTV

Motor Jemaah Masjid Agung Tuban Hilang Saat Salat Subuh, Pelaku Terekam CCTV

Gudang Rongsokan di Tuban Terbakar, Diduga Api Sudah Membesar Saat Diketahui

Gudang Rongsokan di Tuban Terbakar, Diduga Api Sudah Membesar Saat Diketahui

Mutasi Pejabat Tuban Tinggalkan 6 Kursi Kepala OPD Kosong, Berikut Daftar Lengkapnya

Mutasi Pejabat Tuban Tinggalkan 6 Kursi Kepala OPD Kosong, Berikut Daftar Lengkapnya

Kibarkan Bendera One Piece, Warga Tuban Dikunjungi Aparat

Kibarkan Bendera One Piece, Warga Tuban Dikunjungi Aparat

Tabrakan Fatal di Rengel, Satu Pengendara Meninggal di Lokasi Kejadian

Tabrakan Fatal di Rengel, Satu Pengendara Meninggal di Lokasi Kejadian

Trotoar Jalan RE Martadinata Dalam Kondisi Rusak Akibat Abrasi Tanpa Solusi

Trotoar Jalan RE Martadinata Dalam Kondisi Rusak Akibat Abrasi Tanpa Solusi

ASN Muda di Tuban Harus Menjadi Penggerak Inovasi Pelayanan Publik

ASN Muda di Tuban Harus Menjadi Penggerak Inovasi Pelayanan Publik

Sidebar

Kategori

  • Budaya
  • Pariwisata
  • Pemerintahan
  • Peristiwa
  • Sosial
Teras Fakta

© 2025 terasfakta.id - Semua hak cipta dilindungi undang-undang Republik Indonesia.

Informasi Kami

  • Hubungi Kami
  • Disclaimer
  • Tentang Kami
  • Kebijakan Privasi

Social Media

No Result
View All Result
  • Home
  • Peristiwa
  • Pemerintahan
  • Sosial
  • Budaya
  • Pariwisata

© 2025 terasfakta.id - Semua hak cipta dilindungi undang-undang Republik Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?